8 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN BUNDA MENJELANG MASA MELAHIRKAN

8 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN BUNDA MENJELANG MASA MELAHIRKAN

Bagi Bunda yang akan melalui proses melahirkan, banyak hal yang harus dipersiapkan baik secara fisik maupun mental. Terlebih jika ini merupakan kali pertama Bunda menjalani persalinan, tentu akan ada rasa bingung dan kekhawatiran mendekati hari kelahiran buah hati. Menurut SPV Kebidanan RS YARSI, Ibu Misbah AM.Keb, ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan dan dianjurkan terlebih sejak memasuki trimester III:

Pemeriksaan kehamilan rutin dengan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Saat memasuki usia trimester III, Bunda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mengetahui posisi bayi, berat badan bayi, kondisi ari-ari (plasenta) dan bagaimana kondisi air ketuban untuk perencanaan lebih lanjut terkait kelahiran, serta mengetahui tanda- tanda bahaya dalam kehamilan.

Secara rutin mengkonsumsi makanan gizi seimbang

Terdapat beberapa makanan yang dianjurkan selama kehamilan. Ibu Misbah AM.Keb menegaskan bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah seimbang, lengkap protein hewani, protein nabati, sayuran, buah, dan lainnya. Bunda juga disarankan untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 hingga 12 gelas sehari. Bunda sebaiknya menghindari minuman mengandung alkohol, soda dan jamu.

Olahraga teratur

Bunda dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik sehari-hari dengan tetap memperhatikan kondisi Bunda dan janin yang dikandungnya. Bunda dapat mengikuti program senam hamil atau yoga sesuai anjuran Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Untuk olahraga yang sebaiknya Bunda hindari adalah aktifitas angkat beban berat.

Istirahat yang cukup

Mengatur pola tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan Bunda dan buah hati. Untuk pola tidur sebaiknya teratur minimal 8 jam pada malam hari dan jika memungkinkan bunda juga beristirahat dengan tidur siang 1-2 jam.

Memilih tempat bersalin terbaik

Untuk melakukan proses persalinan, sebaiknya Bunda bersalin di fasilitas kesehatan. Bunda dapat memilih/menentukan dan mempersiapkan tempat kelahiran sejak memasuki trimester II akhir. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan fasilitas kesehatan diantaranya, akses lokasi yang mudah dijangkau dari rumah dari segi transportasi, lokasi fasilitas kesehatan, kelengkapan fasilitas melahirkan, kenyamanan dengan dokter pilihan Bunda.

Mengetahui tanda-tanda persalinan dan bahaya pada ibu hamil

Ibu Misbah AM.Keb juga menuturkan bahwa ada beberapa tanda-tanda persalinan yang sebaiknya dikonsultasikan segera pada fasilitas kesehatan :

  • Kontraksi minimal 5 menit 1x ( 2x dalam 10 menit ) rutin dalam waktu 1 jam
  • Keluar lendir darah dari jalan lahir
  • Memantau gerakan janin dalam 24 jam

Tanda-tanda bahaya pada ibu hamil :

  • Keluar darah mengalir dari kemaluan
  • Keluar air pada saat belum waktunya melahirkan
  • Demam, nyeri kepala hebat, pandangan kabur
  • Bengkak kaki, tangan dan wajah atau disertai kejang

Berdoa dan mendapatkan support dari keluarga

Suami dan keluarga dapat memberikan support nya kepada Bunda selama menjalani kehamilan dan memasuki masa persalinan dengan nyaman dan penuh kasih sayang untuk menyambut kelahiran buah hati. Memasuki trimester III Bunda dianjurkan untuk mengamalkan membaca QS. Ar-Rahman dan QS. Maryam serta berdoa agar diberi kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalani persalinan.

Persiapan perlengkapan melahirkan sebelum menuju fasilitas kesehatan

Mempersiapkan perlengkapan bersalin Bunda dan buah hati dapat dilakukan sejak awal trimester III, dengan menyiapkan satu tas dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau bila tanda-tanda bersalin sudah datang.

Bagi Bunda yang sedang bingung memilih tempat bersalin, tak perlu khawatir lagi, sebab RS YARSI memberikan solusi untuk persalinan yang aman dan nyaman bagi Bunda dan buah hati.

Fasilitas melahirkan RS YARSI terdiri dari peralatan modern seperti Bed Partus (tempat tidur  melahirkan) yang disertai fasilitas massage, fasilitas penunjang yang lengkap seperti Infant Warmer, T-Piece Resuscitator, toilet didalam ruangan bersalin, kursi penunggu pasien, dan TV di dalam ruangan yang dirancang dengan nyaman. Tentunya RS YARSI menghadirkan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi yang kompeten di bidangnya.

Untuk persalinan, RS YARSI menawarkan Paket Bunda dan Persalinan Syariah (Salsya) yang bisa dipilih berdasarkan kategori Silver, Gold dan Platinum. Benefit paket Salsya dapat dibaca disini.

Berikut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS YARSI:

  • dr. Ina Damayanti, Sp.OG
  • dr. Galuh A. Tyagitha, Sp.OG
  • dr. Raden Kusumadewi, Sp.OG
  • dr. Damarizqa Dara Sjahruddin, Sp.OG

Untuk informasi layanan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Call Center RS YARSI                       : 021-80618618/19

PMO Paket Persalinan RS YARSI     : 0811-1900-8643

Admin Rawat Jalan RS YARSI       : 0818-118-804

Admin BPJS RS YARSI                      : 0811-1903-3319

“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan,”- (QS. Al-Fatihah: 5)

1 Komentar

FASILITAS MELAHIRKAN DAN RUANG PERAWATAN RS YARSI - RS YARSI, Wednesday, 10 Nov 2021

[…] juga memiliki Tips untuk Bunda menjelang masa melahirkan yang dapat dibaca disini dan penjelasan mengenai Paket Persalinan Syariah […]

Reply

Agenda / Event

wa