Awas, Kecanduan Gadget Pada Anak!

Pandemi ini penggunaan gadget menjadi hal yang semakin akrab dengan kegiatan sehari-hari termasuk dengan aktifitas anak. Keadaan yang membuat anak-anak harus melakukan aktifitas di dalam rumah menjadikan gadget sebagai sarana untuk bermain dan belajar bagi Si Kecil. Namun Bunda dan Ayah harus mewaspadai agar Si Kecil tidak mengalami kecanduan pada gadget, karena hal ini akan berefek pada kesehatan dalam jangka panjang.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS YARSI, dr. Dian Widiastuti Vietara, Sp.KJ (K) menjelaskan bahwa anak dikatakan kecanduan gadget jika sudah menghabiskan banyak waktu didepan layar sehingga mengabaikan tugas-tugasnya. Seperti tidak mandi, malas makan, mengabaikan tugas sekolah, dan sebagainya.

dr. Dian Widiastuti Vietara, Sp.KJ (K) menyarankan screen time yang baik dengan tujuan hiburan bagi anak yang sudah boleh menggunakan gadget, hanya berkisar 2-3 jam. Penggunaan gadget pada anak dalam waktu lebih dari 5 jam, akan menimbulkan adanya resiko kecanduan yang lebih besar pada anak. Tentunya, setiap penggunaan gadget ini harus diawasi oleh Bunda dan Ayah ya.

Tak perlu khawatir, karena dr. Dian Widiastuti Vietara, Sp.KJ (K) memberikan tips agar anak dan keluarga memiliki screen time yang sehat:

  1. Hindari memakai gadget saat berkumpul bersama keluarga. Tentunya saat membatasi anak bermain dengan gadget, orang tua juga harus berhenti menggunakan gadget secara bersamaan.
  2. Gunakan quality time keluarga dengan bermain dan berdiskusi antara orang tua dan anak
  3. Isilah kegiatan keluarga dengan kegiatan motorik seperti olahraga bersama

Jika Bunda dan Ayah merasa Si Kecil sudah susah lepas dari gadget dan mengakibatkan hambatan dalam aktifitas sehari-hari, silahkan dikonsultasikan lebih lanjut dengan ahli terkait ya!

Untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS YARSI silahkan melakukan reservasi H-1 terlebih dahulu. Kami melayani pembayaran dengan BPJS, Umum, dan Asuransi.

Berikut nama Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS YARSI:

  • dr. Citra Fitri Agustina, Sp.KJ
  • dr. Dian Widiastuti Vietara, Sp.KJ (K)
  • dr. Roswinar, Sp.KJ, M.Kes

Informasi layanan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Call Center RS YARSI               : 021-80618618/19

Admin Rawat Jalan RS YARSI  : 0818-118-804

Admin BPJS RS YARSI              : 0811-1903-3319

“Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (Allah).” (QS. Adz-Dzariyat: 56)

0 Komentar

Agenda / Event

wa