• Beranda
Cari Dokter
Ingin Berhenti Merokok? Pahami Caranya!

Ingin Berhenti Merokok? Pahami Caranya!

Berhenti merokok merupakan tantangan bagi mereka yang telah mengalami kecanduan rokok. Oleh karena itu banyak orang yang akhirnya gagal dalam usaha mereka. Padahal merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan banyak lagi. .

Dokter Spesialis Paru RS YARSI, dr. Indawati, Sp.P mengatakan bahwa dibutuhkan niat dan motivasi yang tinggi agar seseorang dapat berhenti merokok, dan berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil. Untuk Sobat RS YARSI yang ingin berhenti merokok, jangan putus asa dulu! Berikut tips berhenti merokok yang dapat Anda coba:

  1. Buatlah Catatan Kebaikan

Buatlah daftar hal-hal baik yang Anda dapatkan dari berhenti merokok. Hal baik seperti memegang kendali atas keinginan diri, menghemat uang, indra perasa dan penciuman yang lebih baik, dan stamina yang lebih tinggi. Saat keinginan untuk merokok menyerang, lihat daftar tersebut sebagai pengingat tentang apa yang telah di peroleh dari berhenti merokok.

  • Selalu Ingat Alasan untuk Berhenti

Catat segala alasan mengapa Anda berhenti merokok. Tempelkan di mana pun Anda menghabiskan waktu, seperti di dapur, di tempat kerja, di samping cermin kamar mandi. Letakkan di tempat yang mudah dilihat ke mana pun Anda pergi. Beberapa mantan perokok mengatakan bahwa menempatkan foto keluarga dan orang-orang terkasih di samping catatan alasan mereka, membantu dalam proses untuk berhenti merokok.

  • Bergerak Aktif Setiap Hari

Olahraga merupakan salah satu pengalih perhatian dari keinginan merokok. Saat bergerak aktif, tubuh akan mengirimkan bahan kimia alami yang membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stress. Kegiatan seperti berjalan kaki adalah salah satu pilihan paling sederhana. Pilih beberapa aktivitas berbeda untuk membantu Anda tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk aktif secara fisik setiap hari, terutama di bulan pertama setelah Anda berhenti merokok.

  • Kunyahlah Sesuatu yang Lain

Sebagai pengganti rokok, Anda dapat mengunyah permen karet bebas gula, permen keras, atau camilan sehat saat Anda merasa ingin merokok. Bawa makanan kecil ini atau letakan ditempat yang mudah dijangkau. Jika Anda khawatir tentang penambahan berat badan, pilihlah sesuatu yang rendah kalori, seperti buah-buahan dan sayuran.

  • Perhatikan Kala Mood Sedang Turun

Emosi negatif seperti stress, kemarahan dan frustrasi adalah alasan umum seseorang kembali merokok. Suasana hati yang buruk terjadi pada semua orang dan kemungkinan besar orang yang mencoba berhenti merokok akan merasakan mood yang turun dalam minggu pertama. Sebaiknya cobalah cari lingkungan sehat dan kegiatan baik yang disukai sebagai pengalihan perhatian.

  • Hindari Lingkungan yang Buruk

Tidak semua teman dan keluarga dapat menjadi pendukung yang positif. Beberapa orang mungkin merasa terancam oleh keputusan Anda untuk berhenti. Mereka bahkan mungkin mencoba untuk melemahkan upaya terbaik yang telah dilakukan. Jika menghindari lingkungan seperti ini tidak memungkinkan, duduklah bersama mereka dan jelaskan mengapa berhenti merokok begitu penting dan mintalah dukungan pada mereka.

Selamat mencoba tips diatas ya, Sobat RS YARSI. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah konsultasikan ke dokter agar Anda dapat mengkonsultasikan cara efektif untuk berhenti merokok sesuai dengan kondisi Anda.

Jika Sobat RSYARSI ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Paru RS YARSI, silahkan melakukan reservasi H-1 terlebih dahulu. Kami melayani pembayaran dengan BPJS, Umum, dan Asuransi.

Berikut nama Dokter Spesialis Paru RS YARSI:

  • dr. Deva Bachtiar, Sp.P, FISR
  • dr. Ulfahimayati, Sp.P
  • dr. Indawati, Sp. P
  • dr. Andika Chandra Putra, Sp.P, Ph.D, FAPSR
  • dr. Dewi Puspitorini, Sp.P, MARS
  • dr. Efriadi Ismail, Sp.P
  • Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K)

Informasi layanan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Call Center RS YARSI               : 021-80618618/19

Call Center Covid RS YARSI     : 0877-1188-9998

Admin Rawat Jalan RS YARSI  : 0818-118-804

Admin BPJS RS YARSI              : 0811-1903-3319

Sumber: webMD

0 Komentar

Agenda / Event

wa