• Beranda
Cari Dokter
Pengobatan Tepat Sasaran Masa Kini; Precision Medicine

Pengobatan Tepat Sasaran Masa Kini; Precision Medicine

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu

Pernahkah Sobat YARSI mendengar pernyataan yang berbunyi, “Sesuatu yang sesuai dengan satu individu belum tentu dapat bekerja optimal jika diaplikasikan kepada individu lainnya”?.  Ternyata di dalam dunia medis juga terdapat pendekatan yang berbeda-beda dalam menangani suatu penyakit, lho. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh masing-masing individu terhadap faktor risiko suatu penyakit dan respon terhadap obat tertentu belum tentu memberi hasil yang sama pada semua orang. Salah satu tokoh yang ramai dibincangkan setelah melakukan pemeriksaan yang dipersonalisasikan untuk mengetahui penyakit kanker adalah Angelina Jolie. Mulai diketahui oleh masyarakat dunia, pemeriksaan yang dikenal sebagai Precision Medicine, telah menjadi pertimbangan investasi kesehatan masa kini.

Precision medicine atau pengobatan tepat sasaran merupakan pendekatan baru untuk pencegahan dan pengobatan penyakit dengan mempertimbangkan genetik, lingkungan dan pola hidup seseorang. Pendekatan ini meningkatkan efektivitas pengobatan sehingga pasien tidak perlu mencoba beberapa pengobatan untuk menemukan jenis pengobatan dan gaya hidup yang tepat untuk kesehatannya.

Dengan pendampingan Konsultan Precision Medicine, Prof. dr. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc., Ph.D., Sp.KKLP, Rumah Sakit YARSI telah menyediakan layanan Precision Medicine yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pasien. Salah satu jenis pemeriksaan Precision Medicine yaitu Ca Risk 2.0 Genomic, merupakan pemeriksaan genomik yang menganalisis lebih dari 100 gen dan 200 varian untuk mengidentifikasi risiko 13 jenis kanker yang paling umum seperti kanker payudara, kanker kolorektal, kanker paru, kanker hati, kanker serviks, kanker pankreas, kanker lambung, kanker limfoma non hodgkin, kanker nasofaring, kanker prostat, kanker tiroid, kanker kantung kemih, dan kanker ovarium. Terdapat pula Moms NIPT (Non Invasive Prenatal Test) Genomic yang dapat mendeteksi risiko kelainan kromosom janin selama dalam kandungan secara non invasif. Selain itu pemeriksan lainnya seperti DIArisk Genomics, Nutrigenomics, IMMUNERisk Genomics, TENSrisk Genomics, Wellness Genomics, Bone & Muscle Join (BMJ) Genomics, Skin & Hair Genomics, Eyegenomics, Cardio PGx, NEUROgenomics, dan VASCULArisk dapat menjadi pilihan pasien dalam menentukan pengobatan tepat sasaran yang dibutuhkan.

Saat ini Rumah Sakit YARSI memiliki Paket Precision Medicine Joyflight HeliCity di mana pasien yang melakukan Paket Pemeriksaan Genomic berkesempatan untuk merasakan pengalaman terbang berdurasi 15-20 menit dengan helikopter di tengah kota. Paket Precision Medicine Joyflight HeliCity merupakan bentuk kerja sama Rumah Sakit YARSI dengan Whitesky Aviation.

Jika Sobat RS YARSI ingin melakukan Precision Medicine atau ingin mencari tau mengenai informasi lainnya, jangan ragu untuk hubungi kami pada nomor di bawah ini:

  • Call Center RS YARSI                     : 021-80618618/19
  • Admin Rawat Jalan RS YARSI        : 0818-118-804
  • Customer Service RS YARSI          : 0818-118-803

 “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku (Q.S. Asy-Syuara: 80)

0 Komentar

Agenda / Event

wa