Peringatan Hari PPOK 2021

Peringatan Hari PPOK 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Bismillahirrahmanirrahim

PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis merupakan peradangan paru yang berkembang dalam jangka waktu panjang. Penyakit ini menghalangi aliran udara dari paru-paru karena terhalang pembengkakan dan lendir/dahak, sehingga penderitanya sulit bernapas. PPOK dapat ditandai dengan adanya inflamasi atau peradangan berlebih pada saluran nafas, yang disebabkan oleh partikel atau gas berbahaya.

PPOK dibagi berdasarkan tingkat kekambuhan, gejala dan nilai spirometri. Diantara gejalanya yaitu sesak nafas, batuk dan dahak kronik. Menurut Dokter Spesialis Paru RS YARSI dr. Indawati, Sp. P, PPOK dapat dicegah dan diobati, termasuk mencegah kekambuhan, mengurangi faktor resiko, dan mengurangi gejala.

dr. Indawati, Sp. P mengutarakan bahwa pengobatan PPOK dapat dilakukan melalui prosedur dengan obat dan pengobatan yang tidak melibatkan obat. Untuk perawatan lain selain menggunakan obat dapat berupa perbaikan nutrisi, rehab medik, menguatkan otot paru, olahraga, dan berhenti merokok. Pada kasus yang sudah berat, pasien dapat menggunakan terapi oksigen untuk pengobatan lebih lanjut.

Dalam memperingati Hari PPOK, dr. Indawati, Sp. P berpesan untuk setiap orang dapat menyayangi paru-paru serta menghindari rokok baik konvensional maupun elektrik.

Jika Sobat RSYARSI ingin mengetahui lebih lanjut tentang PPOK silahkan berkunjung ke Instagram @rsyarsi untuk menyaksikan IG Live dr. Indawati, Sp. P atau berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Paru RS YARSI berikut ini:

  • dr. Deva Bachtiar, Sp.P, FISR
  • dr. Ulfahimayati, Sp.P
  • dr. Indawati, Sp. P
  • dr. Andika Chandra Putra, Sp.P, Ph.D, FAPSR
  • dr. Dewi Puspitorini, Sp.P, MARS
  • dr. Efriadi Ismail, Sp.P
  • Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K)

Untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Paru kami, silahkan menghubungi bagian rawat jalan kami untuk melakukan reservasi H-1. Pembayaran dapat melalui Asuransi, BPJS dan Umum. Informasi layanan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Call Center RS YARSI               : 021-80618618/19

Call Center Covid RS YARSI     : 0877-1188-9998

Admin Rawat Jalan RS YARSI  : 0818-118-804

Admin BPJS RS YARSI              : 0811-1903-3319

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”- (QS. Asy Syuara: 80)

Sumber: Kementerian Kesehatan

0 Komentar

Agenda / Event

wa