Pola Asuh Terbaik Bagi Sang Buah Hati

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu

Bismillahirrahmanirrahim

Seorang anak memiliki kebutuhan untuk merasa aman, didengarkan, dihargai, mendapatkan cinta, dan validasi atas emosi yang ia rasakan. Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengedukasi diri guna memberikan pemenuhan kebutuhan yang optimal bagi pertumbuhan emosional anak. Berikut  beberapa jenis pengasuhan anak yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu sembari menunggu kelahiran Sang Buah Hati, diantaranya Authoritative Parenting, Authoritarian Parenting, Indulgent Parenting, dan Neglectful Parenting. Mari simak pembahasannya dibawah ini!

Authoritative Parenting

Tipe orang tua yang authoritative adalah orang tua yang menggunakan pemikiran, pengertian, dan kehangatan ketika berinteraksi dengan anaknya. Orang tua yang authoritative akan mendorong anak-anak mereka untuk mandiri, menetapkan batasan yang sehat, membuat ekspektasi yang jelas, dan memberi ruang untuk segala emosi yang dirasakan anak. Anak dari orang tua dengan metode pengasuhan authoritative cenderung lebih bahagia, mandiri, tangguh, dan berhasil dalam kehidupan.

Authoritarian Parenting

Orang tua dengan pola asuh authoritarian adalah orang tua yang menggunakan kontrol, disiplin yang ketat, dan berfokus pada kepatuhan anak terhadap orang tua. Ketika anak melanggar aturan atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan orang tua, orang tua merespons dengan cepat dan dalam beberapa kasus memberikan hukuman yang keras. Tidak banyak diskusi yang terjadi antara orang tua dan anak, bahkan komunikasi yang terjadi hanya satu arah dari orang tua kepada anak. Orang tua dengan pola asuh authoritarian juga berusaha mempertahankan tingkat kontrol yang tinggi atas anak-anak mereka. Emosi anak cenderung tidak divalidasi dan anak akan mendapat kritikan atas pendapat yang mereka miliki. Anak dari orang tua authoritarian cenderung memiliki permasalahan self-esteem dan berkemungkinan untuk berbohong agar menghindari penolakan dan hukuman.

Indulgent Parenting

Pengasuhan tipe permisif ini cenderung memanjakan anak dimana orang tua memberi perhatian penuh namun terdapat sedikit bahkan tidak ada aturan dan batasan. Tipe pengasuhan ini membuat orang tua berperan lebih seperti teman, sehingga sang anak menjadi akrab, memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi, tetapi memiliki sedikit kontrol diri, tidak dapat menetapkan batasan yang sehat, dan dalam membangun hubungan cenderung bersikap menerima dibanding memberi.

Neglectful Parenting

Pada pengasuhan ini, orang tua cenderung tidak terlibat dan tidak tertarik dalam mengasuh anak. Mereka menolak dan sering mengabaikan anak, dimana orang tua dengan pola asuh ini cenderung berekspektasi bahwa anak bertanggung jawab untuk membesarkan dirinya sendiri. Mereka tidak menghabiskan waktu sebanyak orang tua lain dalam berdiskusi, bermain, atau turut serta dalam kegiatan anak.

Bunda dan Ayah, dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa Authoritative Parenting merupakan pola asuh terbaik dalam pengasuhan anak. Hal ini perlu diperhatikan sebab pola asuh saat kecil akan terus berpengaruh hingga anak-anak beranjak dewasa nanti. Mari bersama mengedukasi diri sejak dini guna menjadi Bunda dan Ayah terbaik bagi mereka yang tersayang.

Jika saat ini Bunda dan Ayah sedang mempersiapkan kelahiran Sang Buah Hati, yuk intip tips yang perlu diperhatikan menjelang masa melahirkan disini.

Untuk berkonsultasi lebih lanjut silahkan melakukan reservasi dengan Psikolog RS YARSI H-1 pada nomor dibawah ini:

Call Center RS YARSI               : 021-80618618/19

Admin Rawat Jalan RS YARSI  : 0818-118-804

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (At-Tahrim: 6)

Sumber: Psychology Today

0 Komentar

Agenda / Event

wa