Selamat Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia

Selamat Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Bismillahirrahmanirahim

15 Oktober diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia. Mencuci tangan dengan sabun merupakan faktor penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, namun sering terlupakan dalam kegiatan sehari-hari. Apa sih yang melatarbelakangi Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia? Kampanye ini dimulai untuk mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare dengan memperkenalkan perubahan perilaku sederhana, seperti mencuci tangan pakai sabun.

Dilansir dari WHO, salah satu akibat dari tidak mencuci tangan dengan benar, yaitu diare, merupakan gejala infeksi pada saluran usus yang dapat disebabkan oleh berbagai organisme bakteri, virus dan parasit. Infeksi dapat menyebar melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi, atau dari orang ke orang sebagai akibat dari kebersihan yang buruk.

Diare dapat menyebabkan dehidrasi, demam, dan lemas. Dalam menangani diare, disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, menghindari konsumsi tinggi serat, menghindari konsumsi susu dan yogurt, serta menjaga kebersihan lingkungan. Jika sudah terjadi dehidrasi berat, demam tinggi, bahkan penurunan berat badan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter umum yang nantinya dapat dirujuk kepada dokter spesialis penyakit dalam.

Untuk berkonsultasi dengan spesialis penyakit dalam RS YARSI, silahkan mengunjungi dokter dibawah ini:

  • dr. Faizal drissa Hasibuan, Sp.PD, KHOM
  • Dr. dr. Rika Bur, Sp.PD-KPTI
  • dr. R. Gantira Wijayakusumah Danasasmita, Sp. PD
  • dr. Ferika Widya Suryani, Sp.PD

Melihat pentingnya mencuci tangan dengan sabun, sobat RS YARSI sudah tau belum cara mencuci tangan dengan benar?

Mencuci tangan dengan sabun dilakukan selama 40-60 detik. Berikut cara mencuci tangan yang baik: ratakan sabun antiseptik pada kedua telapak tangan, gosok punggung tangan dan sela jari, gosok jari-jari sisi dalam dan punggung tangan jari saling mengkunci, gosok ibu jari kiri dengan tangan kanan berputar dan sebaliknya, lalu bilas kedua tangan dengan air mengalir.

Yuk mulai sekarang kita biasakan mencuci tangan dengan sabun, sebagai langkah awal untuk hidup yang lebih sehat!

“Bersuci itu setengah daripada iman.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi).

Sumber : World Health Organization

0 Komentar

Agenda / Event

wa