Selamat Hari Pangan Sedunia

Selamat Hari Pangan Sedunia

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu

Bismillahirrahmanirrahim

Nutrisi yang seimbang akan berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan bayi, anak, ibu, sistem kekebalan yang lebih kuat, kehamilan dan persalinan yang lebih aman, risiko penyakit tidak menular yang lebih rendah (seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular), dan umur panjang.

Pada tanggal 16 Oktober diperingati Hari Pangan Sedunia. Dimana sistem pertanian pangan berkelanjutan mengarah pada produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih baik untuk semua. Jika berbicara mengenai nutrisi yang lebih baik, Sobat RS YARSI sudah tau kah apa itu gizi seimbang dan pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup kita?

Dilansir dari Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, Gizi Seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis  dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan  memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Bapak Lanlan Lesmana S.Gz., Dietitian RS YARSI menjelaskan bahwa konsumsi gizi dapat dikatakan seimbang jika semua komponen susunan zat-zat gizi sudah terpenuhi. Seperti kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat. Kebutuhan gizi setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor gender, usia, berat badan, tinggi badan, dan lainnya. Jika asupan yang didapatkan tubuh kurang, hal ini akan berdampak kepada daya tahan tubuh dan produktifitas yang menurun.

Di RS YARSI sendiri, selain menyajikan makanan sehat, makanan kami sudah tersertifikasi halal. Dalam islam, menjaga konsumsi makananan halal lagi baik sangat dianjurkan. Seperti yang sudah disebutkan dalam firman Allah surah Al-Baqarah ayat 168 dibawah ini:

“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian.” (QS al-Baqarah: 168)

Maka dari itu, kesadaran akan gizi seimbang dan halal sangatlah penting untuk kesehatan dan keberkahan dalam hidup kita dan orang-orang yang kita sayangi.

Sobat RS YARSI juga dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik RS YARSI, Dr. dr. Sri Wuryanti, MS, Sp.GK pada hari Senin hingga Jumat. Jangan lupa reservasi terlebih dahulu ya.

Sumber: World Health Organization, Kementerian Kesehatan Indonesia, Food and Agriculture Organization

0 Komentar

Agenda / Event

wa